AC VS Kipas Angin, Mana yang Lebih Bagus?

AC atau yang dikenal sebagai air conditioner adalah penyejuk udara, pengkondisi udara, pendingin udara, penyaman udara yang digunakan banyak orang untuuk menstabilkan suhu udara di dalam ruangan. Selain AC penyejuk udara yang bisa digunakan adalah kipas angin, kipas angin digunakan untuk menghasilkan angin yang menggunakan baling-baling bertujuan untuk pendingin udara dan menghasilkan angin. Kedua benda ini banyak diburu orang, banyak dari mereka yang bingung untuk memilih mana yang lebih bagus antara AC VS kipas angin.

AC VS Kipas Angin, Lebih Sehat Mana

Untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan pasti membutuhkan pendingin udara yang cocok, anda bisa memilih antara ac dan kipas angin, masing-masing benda tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan antara AC dan kipas angin :

  • AC memiliki kelebihan mudah untuk menyetel suhu sesuai dengan keinginan kita didalam ruangan, namun keberadaan AC membuat kulit kita lebih kering dan menghilangkan kelembapannya. Sedangkan kipas angin memiliki kelebihan bisa anda gunakan dimana saja tanpa memandang ruangan yang rapat atau terbuka, namun kelemahannnya angin yang keluar biasanya kurang mampu membuat udara disekitar kita dingin dan sesuai yang kita harapkan, ditambah angin yang mengenai tubuh kita berpotensi menyebabkan berbagai penyakit
  • .AC lebih mudah dan lebih cepat membuat suhu di ruangan sesuai dengan keinginan kita, namun sirkulasi udara didalam ruangan ac akan terbatas, jika ada seseorang yang batuk atau bersin, maka udara yang keluar akan berputar didalam ruangan tersebut, sehingga bagi orang yang sedang memiliki system imum menurun memiliki resiko yang besar tertular. Sedangkann kipas angin lebih aman untuk digunakan, hanya saja pastikan bahwa anda tidak terkena angin dari kipas angin secara langsung, sebaiknya panntulkan ketembok atau tempat lain saja.

Dari penjelasan diatas maka bisa kita simpulkan bahwa AC VS kipas angin sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, bagi anda yang ingin menggunakan salah satunya maka gunakanlah sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan, sehingga penggunaan masih tergolong aman dan tidak beresiko besar, kedua-duanya sama-sama sehat jika digunakan sesuai kebutuhan.

www.pexels.com

Perbedaan AC dan Kipas Angin

AC dan kipas angin emiliki perbedaan yang sangat besar, berikut perbedaan yang bisa diketahui :

  • Fungsi AC dan Kipas Angin

untuk kipas angin memiliki fungsi untuk menciptakan angin dengan menggunakan baling-baling yang berputar, sedangkan ac memilliki funngsi menjaga suhu udara di Dalam ruangan agar tetap stabil

  • Harga AC VS kipas angin

kipas angin dijual dengan harga yang cukup terjangkau, sedangkan ac diberandol dengan harga yang mahal

  • Tempat yang digunakan

kipas angin bisa digunakan di mana saja baik itu ruang indoor maupun outdore, sedangkan ac harus digunakan di ruangan yang tertutup rapat dan tidak ada sirkulasi udara keluar.

  • Kinerja AC dan kipas angin

kedua benda ini sama-sama digunakan untuk mendinginkan ruangan, namun AC membuat kondisi udara didalam ruangan menjadi kering, sedangkan kipas angin tidak. Untuk ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik kipas angin akan membuat ruangan terasa sejuk.

  • Energy yang dibutuhkan

jumlah energy listrik yang dibutuhkan oleh AC lebih besar dibanding energy listrik yang digunakan untuk kipas angin.

udara yang dihasilkan kipas angin hanya akan terasa dibeberapa titik saja, namun berbeda dengan AC yang mendinginkan udara dalam satu ruangan.

www.pexels.com

Tips Menggunakan AC dan Kipas Angin yang Benar

Untuk anda yang tinggal di Indonesia pasti tidak asing lagi dengan udara yang tropis dan lembab, apalagi jika anda tinggal di perkotaan yang penuh dengan gedung tinggi, maka keberadaan AC dan kipas angin adalah hal yang pokok. Untuk mendapatkan manfaat AC dan kipas angin yang baik, dibutuhkan tips penggunaan yang baik juga, berikut ini adalah tips menggunakan AC yang benar, yaitu :

  • Pillih AC yang cocok sesuaikan dengan ukuran ruangan anda

pastikan anda memilih AC yang sesuai dengan ukuran ruangan, dengan begitu compressor bekerja sesuai dengan kemampuannya, jika anda menggunakan AC diruangan yang tidak sesuai maka compressor akan bekerja keras agar seluruh ruangan bisa dingin.

  • Sebaiknya jangan menyalakan AC dibawah 16 derajat dengan fan speed yang tinggi

sebaiknya gunakan suhu remote 24 dan fan speed 1 atau 2.

  • Jangan sering membuka dan menutup pintu ruangan

kita tahu bahwa AC digunakan diruang yang tertutup, pastikan jangan sering keluar masuk ruuangan AC karena ketika pintu terbuka maka angin dingin akan keluar dari ruangan, dan AC akan menurunkan suhu didalam ruangan, dan compressor akan bekerja dengan keras lagi.

Selain AC banyak juga yang memilih kipas angin untuk mendinginkan udara di dalam ruangan, banyak orang yang memilih kipas angin karena lebih hemat dikantong, harga kipas angin lebih murah dibanding harga AC, untuk energy listrik yang dikeluarkan juga lebih sedikit dibanding dengan energy yang dikeluarkan oleh AC, namun anda harus tetap mengetahui apa saja tips penggunaan kipas angin yang benar, di antaranya adalah :

  • Sebaiknya jangan buka kipas angin terlalu kencang

uuntuk pemakaian yang baik sebaiknya kipas angin digunakan secara pas dan tepat, jangan sering menggunnakan kipas angin dalam mode paling kencang, selain mesin kipas angin cepat rusak, juga tidak baik untuk tubuh kita. Gunakan kipas angin di mode lemah atau standar, udara didalam ruangan akan pelan-pelan turun dengan sendirinya.

  • Pantulkann kipas angin ditembok atau sisi lainnya

angin yang keluar dari kipas angin tidak baik untuk kesehatan, dalam penggunaannya alangkah baiknya tidak meniupkan angin langsung ketubuh anda, namun pantulkan saja  ketembok dan arah lainnnya mengelilingi ruangan, bagi anda yang memiliki imun rendah akan menyebabkan tubuh semakin drob.

  • Jangan gunakan kipas angin dalam jangka waktu yang lama

Tips selanjutnya adalah alangkah baiknya menggunakan kipas angin sesuai dengan kebutuhan kita, apalagi jika anda sedang tidur alangkah baiknya jangan menyalakan kipas angin.

www.pexels.com

AC VS kipas angin memang menjadi pilihan yang sulit, namun banyak orang yang memilih salah satunya disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki. Untuk anda yang memilih AC, pastikan lebih memperdulikan kondisi tubuh, karena secara tidak langsung kita tidak menyadari bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga pastikan mengkonsumsi air putih yang banyak. gunakan pelembab yang cocok untuuk kulit anda, dan anda juga bisa menggunakan humidifier. Selain itu gunakan juga Freon AC yang kaya akan manfaat. Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia untuk menyerap beban pendingin ruangan, Freon memiliki manfaat yang besar untuk AC, pastikan anda membeli Freon ditempat yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *