Tips Mudah Menghemat Kebutuhan Pulsa Bulanan

Pada zaman dimana teknologi terus menunjukkan perkembangan yang tak terbendung, kita tidak bisa lepas dengan yang namanya jaringan komunikasi. Komunikasi adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Hal ini karena komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari komunikator ke komunikan. Setelah informasi sampai, penerima informasi akan memberikan respons atau umpan balik untuk menanggapi informasi tersebut. Dengan terjalinnya komunikasi yang baik, informasi dapat sampai dengan baik dan akan tercipta tindakan yang tepat berdasarkan informasi tersebut.

Sebaliknya, informasi yang salah tangkap akan menciptakan tindakan yang salah juga. Komunikasi yang lancar juga akan menjaga hubungan yang baik antar sesama. Sementara komunikasi yang kurang lancar akan menyebabkan hubungan antar manusia menjadi kurang baik. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kita bisa melakukan komunikasi yang baik meski dari jarak yang jauh. Beberapa alat komunikasi yang banyak digunakan oleh orang-orang adalah handphone, internet, dan masih banyak lagi.

www.pexels.com

Saat ini, hampir setiap orang memiliki handphone dan menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Banyak orang yang akan merasa bingung saat pergi beraktivitas namun lupa tidak membawa handphone. Hal ini menunjukkan bahwa handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi hampir setiap orang. Tetapi, fungsi handphone sebagai alat berkomunikasi tidak akan dapat berjalan tanpa adanya peran dari pulsa. Tak heran jika hampir setiap orang memiliki kebutuhan pulsa bulanan yang cukup banyak. Dan salah satu tujuannya yaitu untuk pulsa jadi uang yang sedang viral.

Pulsa sendiri memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Pasalnya, pulsa memiliki peran penting dalam mendukung fungsi dari handphone sebagai alat komunikasi. Tetapi, tidak semua orang mengetahui apa sebenarnya pengertian dari pulsa itu sendiri. Pulsa adalah satuan alat hitung biaya telepon. Pulsa juga dapat dimaknai sebagai suatu perhitungan biaya telepon yang dibayar di depan atau yang biasa disebut sebagai prabayar untuk menggunakan suatu layanan provider yang digunakan. Pada awal kemunculannya, pulsa digunakan sebagai biaya untuk melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS.

Dengan membeli pulsa dari provider tertentu, kita bisa menggunakannya untuk menelpon atau mengirim SMS nomor telepon yang kita tuju. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan pulsa bulanan seseorang semakin bertambah karena fungsi pulsa yang juga bisa digunakan untuk mengakses internet. Dengan mendaftarkan pulsa atau dengan membeli pulsa internet kita bisa menggunakan internet sampai kuota yang diberikan habis. Selain untuk internet, pulsa juga bisa digunakan untuk membayar listrik kepada PLN dan masih banyak fungsi lainnya. Bahkan, saat ini pulsa disebut-sebut sebagai kebutuhan pokok nomor empat setelah sandang, pangan, dan papan. Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis content provider.

www.pexels.com

Kebutuhan Pulsa Bulanan Mengalahkan Pengeluaran Bahan Pokok Lainnya

Bisnis selular operator selular di Indonesia nilainya sudah mencapai Rp 100 triliun lebih per tahun. Hal ini juga membuat pulsa menjadi salah satu faktor kenaikan inflasi. Pada tahun 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, pertumbuhan ekonomi mencapai 5,04 persen dimana pulsa juga ikut andil dalam mendorong perekonomian. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan pulsa bulanan dari masyarakat Indonesia cukup besar dan terus menerus.

Bahkan, rata-ratanya mampu mengalahkan jumlah pengeluaran pembelian buah dan daging. Pada tahun yang sama, jumlah rata-rata pengeluaran pulsa secara nasional berada pada angka Rp 22.182 per kapita. Jumlah tersebut mampu mengalahkan pengeluaran buah yaitu Rp 19.268 dan daging Rp 20.526 per kapita. Selain itu, tingkat konsumsi pulsa handphone oleh masyarakat juga lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan listrik. Hal itu disebutkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro pada tahun 2016. Melihat beberapa fakta tersebut, tentu kita perlu mengetahui apa saja sebenarnya kegunaan dari pulsa itu sendiri. Berikut adalah beberapa kegunaan dari pulsa :

  1. Telepon dan SMS

Fungsi utama dari pulsa sendiri memang sebagai biaya untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim pesan singkat atau SMS. Dengan telepon maupun SMS, kita bisa berkomunikasi dengan orang dari jarak yang jauh. Sehingga, informasi dapat kita sampaikan dengan lebih cepat dan efisien.

  1. Internet

Internet saat ini juga sudah menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang. Dengan adanya internet, kita dapat memperoleh informasi dengan lebih mudah dan cepat dari seluruh dunia. Kita juga dapat berkomunikasi melalui media sosial dengan orang lain. Untuk mengakses internet, dibutuhkan pulsa internet yang cukup. Sejalan dengan kebutuhan internet yang sangat penting, kebutuhan akan pulsa juga semakin banyak.

  1. Listrik

Berkembangnya teknologi juga memberikan kemudahan bagi kita dalam membayar listrik. Jika dulu listrik dibayar perbulan kepada PLN, kini listrik bisa dibayar dengan pulsa atau yang biasa disebut prabayar.

www.pexels.com

Tips Menghemat Pengeluaran Kebutuhan Pulsa Bulanan

Kebutuhan pulsa bulanan antar seseorang berbeda-beda menyesuaikan kebutuhannya masing-masing. Seringkali, orang-orang mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk membeli pulsa. Untuk menekan pengeluaran dalam membeli pulsa, kali ini akan kami bagikan tips menghemat pengeluaran pulsa pada handphone kita. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

  1. Menggunakan Paket Selular

Kita bisa menggunakan paket selular yang sesuai dengan ID nomor yang kita pakai. Dengan begitu, kita dapat menikmati paket tertentu dengan batas waktu yang telah ditentukan, seperti paket SMS sekaligus dengan telepon. Hanya saja, kita perlu memeriksa terlebih dahulu apakah paket selular yang kita pilih bisa digunakan ke semua nomor ID atau tidak.

  1. Menggunakan Sistem Panggilan Terintegrasi dengan WiFi

Biaya pulsa biasa memang lebih mahal daripada digunakan untuk paket internet. Kita bisa memanfaatkan banyaknya aplikasi media sosial dalam melakukan komunikasi dengan orang lain. Kita bisa menyambung ke WiFi untuk semakin menghemat pulsa. Terutama saat sedang melakukan panggilan atau mengunduh file yang besar.

  1. Memakai Sistem Pascabayar

Kita bisa menggunakan sistem pascabayar untuk menghemat pemakaian pulsa. Pertama, kita perlu mendaftarkan nomor ID telepon terlebih dahulu. Setelah itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kita per bulan. Kita harus memastikan provider yang kita pilih mempunyai sistem yang tepat untuk memutus langsung berbagai aktivitas selular ketika pulsa yang kita beli mendekati jumlah limit.

  1. Memperhatikan Mayoritas Pengguna Kartu SIM di Phonebook

Tips keempat untuk menghemat pulsa adalah dengan cara menggunakan kartu SIM yangs sesuai mayoritas pengguna di phonebook kita. Terutama untuk orang-orang yang sering kita hubungi.

Jadi, penggunaan pulsa setiap tahunnya terus meningkat karena seiring dengan perkembangan teknologi. Terutama internet yang saat ini juga tidak bisa lepas dari masyarakat yang memiliki handphone. Untuk itu, kita harus lebih bijak dalam mengeluarkan kebutuhan pulsa bulanan. Hal ini karena masih banyak kebutuhan pokok lain yang perlu dipersiapkan. Atau, kita juga bisa menggunakan pulsa sebagai ladang bisnis baru dengan menjual pulsa.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *