Melirik Peluang Usaha Keripik Pisang yang Menjanjikan

Pekerjaan sebenarnya tidak terbatas hanya menjadi pegawai atau karyawan saja. Ada banyak jalan lain yang bisa dilakukan untuk mencari rezeki yang halal salah satunya dengan membuka usaha. Para pemeluk agama Islam misalnya, pasti sudah pernah mendengar bahwa pintu rezeki terbesar ada di bidang perdagangan. Jadi, jika Anda punya minat lebih dalam dunia bisnis tidak ada salahnya memulai usaha meskipun dari skala yang kecil.Jenis usaha pun sangat bervariasi, mulai dari berdagang di kios atau toko sendiri maupun berdagang secara online. Produk yang bisa dipilih pun sangat beragam mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti pakaian hingga makanan. Bisnis makanan ringan contohnya yang belakangan cukup banyak dilirik karena cukup banyak diminati oleh konsumen, seperti contohnya usaha keripik pisang.

Sebagai negara tropis, Indonesia memang kaya akan aneka jenis buah-buahan termasuk pisang. Ada banyak jenis pisang yang bisa ditemukan di Indonesia, salah satunya adalah pisang kepok. Jenis pisang kepok ini selain dikonsumsi langsung dalam bentuk segar juga banyak diolah menjadi aneka makanan termasuk keripik pisang. Secara penampilan pisang kepok ini punya ukuran yang besar dengan bentuk yang gempal. Buah ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan karena dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit sehingga sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Pisang ini punya rasa yang manis sehingga banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi dengan cara digoreng, direbus ataupun diolah menjadi camilan.

Ketersediaan pisang kepok yang melimpah di tanah air bisa jadi potensi usaha yang menjanjikan jika dikelola dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah mengolahnya menjadi jajanan keripik pisang. Camilan ini banak digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa. Camilan renyah ini punya rasa manis dan gurih. Keripik pisang ini sudah dikenal masyarakat dan tentunya punya banyak penggemar dari seluruh daerah di Indonesia. Keripik ini dibuat dari bahan pisang segar yang kemudian digoreng hingga kering. Anda bisa dengan mudah menemukan camilan renyah ini dimana saja mulai dari warung hingga supermarket. Tetapi, umumnya keripik pisang yang bisa ditemukan adalah keripik yang hanya digoreng dengan bumbu sederhana seperti garam dan gula.

Minimnya pengolahan dan branding yang kurang optimal membuat nilai jual dari keripik ini umumnya masih cukup rendah. Padahal jika diolah dengan baik dengan sedikit inovasi keripik dari buah pisang ini bisa jadi camilan favorit anak muda masa kini yang bisa meningkatkan nilai ekonomi atau nilai jualnya. Anda yang sedang mencari ide bisnis mungkin bisa melirik bisnis keripik yang satu ini.

www.pexels.com

Langkah untuk Memulai Usaha Keripik Pisang

Peluang usaha dari keripik pisang ini bisa dibilang cukup menjanjikan karena minat konsumen yang tinggi ditambah bahan baku produksi yang mudah didapat dan harganya pun murah. Tapi kalau ingin sukses di dunia usaha tentu Anda perlu menciptakan produk yang unik dan beda dari produk sejenis yang sudah ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat varian-varian rasa keripik yang baru dan unik. Berikut ini beberapa hal penting yang harus menjadi perhatian ketika akan memulai bisnis keripik dari buah pisang:

  • Buat inovasi baru yang lain daripada yang lain

Keripik pisang biasa tentu sudah sangat sering dijumpai dan tentu sudah sering juga dikonsumsi. Anda bisa meningkatkan nilai jual keripik ini dengan membuat keripik pisang aneka rasa mulai dari rasa cokelat, strawberry, kopi dan varian lainnya. Semakin banyak pilihan rasa yang tersedia akan semakin menarik perhatian konsumen untuk mencicipi produk Anda.

  • Cari supplier bahan baku yang terpercaya

Salah satu kunci berhasinya sebuah usaha ada konsistensi. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan dengan benar mengenai aspek ketersediaan sumber bahan baku agar proses produksi tidak trehambat., Kalau bisa carilah supplier pisang yang masih berasal dari satu daerah yang sama dengan Anda guna menghemat ongkos transportasi pengangkutan dan pengiriman bahan baku segar. Selain kontinuitas ketersediaan, kualitas dari bahan baku adalah faktor nomor 1. Pilih hanya bahan baku berkualitas baik agar mutu produk yang diperoleh pun baik. Jangan terlalu terpaku dengan harga bahan baku yang murah karena salah-salah justru bisa menurunkan kualitas produk Anda yang bisa berakibat karena bahan baku yang di bawah standar.

www.pexels.com
  • Buat brand atau merk yang menarik, mudah diingat dan unik

Branding mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk berkembangnya sebuah usaha, Anda bisa mencari inspirasi untuk memberikan nama bagi produk yang Anda pasarkan. Usahakan untuk membuat merk yang unik. Tambahkan logo ataupun slogan tertentu yang semakin membuat dagangan Anda lebih eye-catching.

  • Ciptakan desain kemasan yang menarik dan fungsional

Camilan renyah ini tentunya harus dibungkus dengan kemasan khusus agar kualitas dan kerenyahannya tetap terjaga meskipun sudah disimpan beberapa saat. Kemasan plastik biasa yang direkatkan dengan stapler maupun lem tentunya kurang bisa menjaga kondisi keripik tetap renyah hingga beberapa hari. Anda bisa mencoba menggunakan plastik bening dengan tambahan perekat di kemasannya. Perekat ini berfungsi untuk menjaga kemasan tetap rapat sehingga kualitas produk bisa dipertahankan lebih lama.

Masalah desain kemasan juga cukup jadi faktor krusial. Buatlah desain yang menarik dan kekinian agar banyak orang melirik camilan buatan Anda, Bentuk kemasan bisa dibuat bervariasi sesuai selera salah satunya dengan bentuk standing pouch. Model kemasan ini banyak disukai karena bentuknya yang mudah dipegang dan juga terlihat rapi. Bahan penyusun kemasan ini pun bervariasi mulai dari alumunium foil, plastik ataupun kertas. Pemilihannya bisa disesuaikan dengan jenis produk makanana milik Anda. Kemasan yang satu ini juga tersedia dengan berbagai ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Anda bisa menambahkan printing desain kemasan pada standing pouch ini. Jangan lupa berikan pula perekat resealable zip lock untuk mengunci kerenyahan keripik Anda.

www.pexels.com
  • Atur strategi pemasaran yang tepat

Berdagang tentunya tidak lepas dari masalah marketing atau pemasaran. Agar memperoleh keuntungan yang besar Anda sangat perlu untuk mengenalkan produk Anda ke masyarakat lainnya. Pemasaran ini bisa dilakukan dengan sangat banyak cara seprerti pemasaran online melalui situs tetentu ataupun media sosial.

Meskipun terlihat sepele, bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan jika ditekuni dengan sungguh-sungguh. Modal untuk memulai usaha ini pun tidak terlalu besar, bisa dimulai dari skala rumah tangga yang nantinya bisa terus berkembang ke skala yang lebih besar lagi. Jika keuntungan yang didapat sudah semakin besar Anda bisa menaikkan kapasitas produksi dengan mengadakan alat-alat yang bisa menunjang proses produksi seperti alat pengiris pisang maupun pengering keripik dari minyak yang akan membuat keripik lebih kering dan renyah. Tunggu apa lagi, segera lakukan analisis usaha keripik pisang ini untuk semakin meramaikan industri kecil menengah yang ada di berbagai kota di Indonesia.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *