Penyebab Mata Merah Sebelah

Mata merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Bahkan karena mata ia rela kehilangan milyaran rupiah untuk menyembuhkan seperti sedia kala. Untuk itu anda musti menjaganya dan merawatnya jangan sampai mengabaikan mata anda. Ada beberapa jenis mata manusia yaitu hooded eyes, monolid atau double lids. Fungsinya juga sama hanya saja bentuk kelopak matanya yang berbeda. Sedangkan untuk gejala-gejala juga bisa terjadi pada jenis mata apa saja. Gejala yang terjadi seperti mata merah sebelah yang sangat mengganggu aktivitas anda dan mengganggu penampilan anda. Banyak sekali penyebab yang menjadi faktor utama penyebab dari mata merah sebelah. Berikut ini penjelasan mengenai penyebab dan faktor mata merah sebelah, simaklah hingga selesai agar anda bisa waspada ketika gejala tersebut menghampiri anda.

Faktor Penyebab Mata Merah Sebelah

  1. Konjungtivis

Penyakit ini disebut juga sebagai pink eye, yaitu infeksi yang terjadi pada mata, baik mata merah sebelah ataupun dua-duanya. Umumnya penyakit ini menular, hal ini terjadi karena membran yang transparan yang ada di dalam mata mengalami infeksi. Kemudian akan menyebabkan pembuluh darah mata anda jadi iritasi lalu bengkak sehingga mata anda terlihat merah. Jika anda terkena penyakit ini segera bawa ke dokter karena penyakit ini menular agar mendapatkan penanganan khusus agar tidak menular ke orang terdekat anda.

www.pexels.com
  1. Alergi

Biasanya mata merah baik mata merah sebelah atau dua-duanya ini terjadi akibat alergi pada sesuatu. Seperti alergi pada debu, serbuk, hewan kecil-kecil, bahan kimia, dan lain-lain. Yang masuk kedalam mata anda kemudian masuk ke tubuh kemudian kekebalan tubuh anda bereaksi dan melepaskan histamin untuk melawan alergi. Histamin ini jadi penyebab mata anda menjadi merah dan membengkak.

  1. Mata kering

Mata kering terjadi ketika kelenjar air mata tidak mampu meproduksi cairan air mata yang berfungsi sebagai pelumas mata dan nutrisi. Hal ini akan membuat mata anda merah karena iritasi karena kurangnya air. Jika hal ini terjadi anda bisa memberinya tetes air mata yang ada di apotek atau di toko-toko, anda bisa menggunakan sesuai dengan petunjuk yang ada pada produk.

www.pexels.com
  1. Mata lelah

Biasanya mata lelah diakibatkan karena lamanya anda menatap layar komputer, handphone, dan TV. Hal tersebut akan membuat anda jarang berkedip sehingga mata kekurangan cairan, karena berkedip bisa digunakan untuk melumaskan mata dan bisa mencegah mata kering yang kemudian menjadi merah, baik mata merah sebelah maupun dua-duanya. Ketika anda menggunakan komputer sebaiknya anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi. Ketika telah 20 menit menatap layar anda bisa memalingkan pandangan anda pada jarak yang jauh. Bisa juga dengan melihat segar-segar seperti daun yang hijau.

  1. Kondisi medis

Mata merah sebelah juga menjadi salah satu indikasi jika mata anda terkena penyakit yang serius. Yaitu seperti penyakit uveitis atau juga glaukoma. Jika hal ini terjadi maka kondisi mata anda akan lebih memburuk. Untuk itu segera bawa ke dokter untuk berkonsultasi terhadap penyakit mata anda.

Demikian ulasan mengenai masalah-masalah yang mengakibatkan mata merah sebelah dan mata merah kanan-kiri. Karena mata merupakan alat yang sangat vital maka jagalah mata anda dengan memberinya vitamin mata, makan dan minum yang mengandung vitamin untuk kesehatan mata. Ketika mengalami gejala-gejala tertentu segeralah konsultasikan ke doktor spesialis mata agar tidak terlambat.

www.pexels.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *