Peluang Bisnis di Era Digital Untuk Kaum Milenial

Peluang bisnis di era digital ini kalau kita amati bersama maka akan semakin banyak saja. Adanya kemajuan teknologi memberi dampak besar terhadap perubahan kehidupan. Saat ini, apabila anda sedang lapar maka sudah ada jasa aplikasi yang menawarkan pesan antar makanan. Tinggal menunggu hitungan menit pesanan anda sudah datang dan tinggal memakannya. Melalui kemajuan teknologi maka setiap penjual dari warung kecil sampai restoran besar memiliki kesempatan yang sama untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis serta bebas memasarkan produknya.

Bisnis saat ini sangat akrab dengan tiga kata sifat (Cepat,  Mudah dan Murah). Maka anda tak perlu lagi membuka toko secara fisik dan saatnya membuka toko online. Maka tunggu apa lagi ? biar lebih paham silahkan simak terus penjelasan mengenai peluang bisnis di era digital. Siapa tau setelah membaca, anda mendapatkan ide cemerlang dalam mewujudkan cita-cita anda.

www.pexels.com

Beberapa Peluang Bisnis di Era Digital yang Dapat Anda Praktikkan

Berikut ini ada beberapa langkah yang tepat untuk mewujudkan kesuksesan pada bisnis yang anda jalani.

  1. Jualan Dengan Membuka Toko Online

Saat ini pusat-pusat perbelanjaan mungkin saja masih banyak dikunjungi oleh banyak orang. Nah, sekarang bagaimana dengan proses penjualannya. Pada era digital seperti ini ternyata banyak orang yang mulai beralih pada pembelian online. Kegiatan belanja di toko online sering kali dianggap lebih praktis dan mampu menghemat biaya. Bahkan toko-toko pusat perbelanjaan juga sudah menyediakan layanan toko online. Jadi selain membuka sendiri mereka juga memasarkan produknya melalui jasa toko online.

Apakah anda yang belum memiliki toko online sudah mulai tertarik? Jangan kawatir, kami akan memberikan beberapa penjelasan untuk memandu anda memulai membuka toko online sendiri.

  • Numpang jualan online melalui e-Commerce yang sudah ada

Saat ini sudah banyak jasa e-Commerce yang sudah ada dan terkenal di seluruh Indonesia. jasa tersebut seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia dan lain-lainnya. untuk masalah cara, pada dasarnya semua aplikasi e-Commerce ini sama saja. Proses pertama yang harus anda lakukan adalah tinggal mendaftar menggunakan akun Google atau menggunakan nomor telepon. Setelah proses mendaftar berhasil maka anda dapat langsung mulai berjualan. Kelebihannya menumpang jualan di e-Commerce ini tidak terlalu susah untuk di jalankan, namun ada kerugiannya juga yaitu anda tidak memiliki untuk mengendalikan bisnis anda.  jadi apabila anda mengalami masalah maka anda tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggu kejelasan dari e-Commerce.

  • Jualan online dengan memanfaatkan social media

Selain menumpang ke e-Commerce anda juga dapat memanfaatkan media sosial yang anda miliki. Saat ini juga sudah ada penawaran akun bisnis yang menyediakan berbagai fitur khusus untuk mendukung jualan anda. Seperti pada aplikasi Instagram sudah ada akun bisnisnya dan pada Facebook juga sudah menyediakan akun bisnis. Untuk masalah caranya silahkan ikuti petunjuk setiap aplikasi yang akan anda gunakan.

  1. Menjadi Food Blogger

Di era yang serba digital ini semakin banyak cara untuk mendapatkan pundi pundi uang. Salah satu yang dapat anda lakukan adalah menjadi food blogger. Bagi anda yang suka berwisata dan kuliner maka semua yang berkaitan dengan makanan dan resep makanan pasti anda penasaran. Maka dari itu ini merupakan waktu yang tepat bagi anda untuk menyalurkan hobi anda menjadi suatu kegiatan yang mampu menghasilkan uang.

Perlu kalian ketahui bahwa Food Blogger merupakan sebuah konten yang khusus membahas tentang makanan seperti wisata kuliner, memasak, atau resep-resep dalam website online. Sementara food blongging merupakan seseorang yang melakukan kegiatan produksi makanan yang mengacu pada website yang berisi konten makanan.

  1. Mencari Uang Melalui You Tube

YouTube kali ini sedang menjadi salah satu aplikasi yang paling disukai oleh banyak kalangan masyarakat. Di YouTube anda dapat memilih dan menonton tayangan yang bagus dan menarik. Selain itu apabila anda memiliki keinginan maka anda juga dapat membuat suatu tayangan video yang akhirnya dapat ditonton orang. Anda dapat merekam sebuah kejadian-kejadian yang unik dan lucu sehingga dapat menjadi daya tarik orang untuk menonton video anda.

Selain kejadian unik anda juga dapat merekam sesuatu sesuai dengan hoby. Sehingga dari situ akan muncul berbagai ide segar untuk mendukung proses pembuatan konten baru. Anda mulai tertarik? Maka simak terus. Berikut ini kami akan menjelaskan cara menghasilkan uang dari YoutTube.

  1. Membuat YouTube Channel

Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu membuat akun di YouTube. Anda dapat menggunakan akun Google untuk mendaftar akun. Setelah memiliki akun Youtube maka anda dapat membuat channel YouTube. Lalu pikirkan tentukan nama, tema atau karakter  yang cocok dan lebih menarik untuk saluran YouTube anda

www.pexels.com
  1. Monetisasi TouTube Channel

Silahkan anda sign in pada akun YouTube kemudian pilih menu accunt information yang berada di sebelah kanan atas. Kemudian klik Creator Studio setelah itu klik menu Channel dan klik menu Status dan Features. Tahap akhir pilih dan klik Enable Monetisation. Di tahap akhir tersebut anda tinggal menyetujui agreement yang sudah ada.

  1. Sambungkan saluran YouTube Channel pada AdSense

Setelah anda mengaktifkan monetisasi di YouTube maka langkah selanjutnya anda perlu melakukan proses associate dan approved AdSense account ke saluran YouTube anda. kalau tahap ini sudah anda lakukan maka fitur YouTube analytic sudah mulai berfungsi untuk melakukan track berapa penghasilan anda. Dapat menghasilkan apabila anda sudah mengikuti dan melenglapi YouTube payment threshold yang sudah ada.

  1. Mengoptimalkan fungsi monetisasi dan melakukan Conversion Rate ke product Page pada YouTube anda. konten yang anda buat harus dari hasil orisinil anda agar nantinya dapat di promote. Apabila konten anda terindikasi plagiasi maka konten anda tidak menghasilkan uang. Jadi buang jauh-jauh bila ada niatan untuk melakukan plagiasi. Apalagi anda memiliki tanggung jawab dengan suatu perusahaan tertentu maka ini merupakan kesempatan bagi anda untuk mengembangkan dan meningkatkan conversion rate konten anda. Buatlah karya yang keren dan menarik untuk menawarkan sebuah produk melalui soft promotion. Jangan lupa untuk membuat link pada product page pada kolom deskripsi YouTube anda. inilah kunci yang dilakukan para vlogger untuk menjual sesuatu produk secara halus.
  2. Sebagai pembisnis harus berpikir Out of The Box

Sebagai pembisnis anda harus mulai membiasakan berpikir diluar kebiasaan anda. Apabila menginginkan hasil video yang menarik untuk ditonton dari awal sampai akhir, kemudian dibagikan oleh orang yang menonton dan akhirnya mendadak viral. Tentunya dengan memaksimalkan kemampuan anda maka mendapatkan uang dari YouTube pun akan berasa mudah dan menyenangkan.

 

  1. Kerja Freelance Secara Online

Untuk memulai bisnis freelance anda harus memiliki tujuan yang jelas dan terukur. Pastinya anda akan mengalami beberapa kesulitan ketika awal memulai dan menjalankan usaha sebagai freelance. Jadi silahkan luangkan waktu anda untuk memahami apa yang membuat anda serius berbisnis freelance.

Setelah anda berhasil menata niat yang kuat maka silahkan tentukan bidang apa yang kiranya anda bisa fokus dan siap menekuni sebagai usaha freelance online. Banyak yang dapat anda lakukan seperti menjadi Desainer, Developer Wibsite, penulis lepas dan masih banyak lainnya. pastikan dulu secara matang bidang mana yang anda mampu komitmen dalam menjalankannya sehingga nantinya mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

www.pexels.com
  1. Menjadi Selebgram

Memilih menjadi seorang selebgram merupakan salah satu pilihan yang sangat populer di dunia anak muda saat ini. hal itu dilakukan demi menghasilkan uang dari internet. Penghasilan yang sangat besar, hal ini memicu pemerintah untuk mengenakan tarif pajak bagi mereka yang terjun sebagai selebgram.

Saat ini dunia digital memang sedang dikuasai oleh para anak muda yang memiliki kreatifitas tinggi dan inovatif dalam menghasilkan karya yang terbaik. Hanya tinggal memanfaatkan kecanggihan teknologi dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Termasuk media sosial Instagram yang banyak digemari oleh mengekspresikan diri serta menghasilkan uang.

Bagi anda yang belum tau Instagram, Instagram adalah sebuah aplikasi yang berguna unuk berbagi foto ke semua orang. Di Instagram telah terdapat berbagai fitur foto seperti pemotongan foto menjadi bentuk lingkaran, persegi dan lainnya sehingga foto tersebut tampak lebih menarik.

Aplikasi Instagram ini pertama kali di gagas oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom. Seiring pembaruan Instagram, sekarang bentuk fotonya tidak harus persegi. Seiring menawarkan fitur-fitur menarik, kini Instagram sudah menjadi lading mencari penghasilan bagi banyak orang. Bahkan dari mereka sudah menjadikan pekerjaan ini menjadi profesi dan muncullah istilah selebgram.

Seseorang dapat dikatakan sebagai selebgram apabila dia memiliki jumlah pengikut yang banyak. Menurut CEO dari Sociabuzz Rade Tampubolan menyebutkan bahwa orang dapat dikatakan sebagai selebgram apabila dirinya memiliki 20.000 followers. Untuk masalah penghasilan, yang pasti berbeda-beda. Yang pasti setiap postingan Instagram dapat dinilai dari Rp. 20.000 sampai Rp. 70 jutaan. Sebuah angka yang fantastis, pantas saja banyak orang yang berlomba-lomba menampilkan yang terbaik.

Fasilitas yang mendukung dan penghasilan yang lumayan besar membuat banyak orang yang tertarik terjun di dalamnya. Profesi yang menyenangkan dan tidak selalu terikat dengan kontrak membuat banyak orang yang menginginkannya. Selain itu anda dapat mengendalikan sendiri untuk memilih endorsement, menentukan tariff dan masih banyak lagi lainnya.

Sebagai selegram anda harus mengenali fitur update-an terbaru di Instagram. Sehingga anda dapat memaksimalkan karya anda sebagai selebgram. Kini hadir IGTV di Instagram, fitur ini merip dengan YouTube. Yang membuat IGTV ini menarik adalah dibangun secara spesifik dengan tampilan smartphone portrait atau vertical.

Kini pada fitur Insta Story terdapat Face Filter. Kegunaannya adalah untuk memberikan efek visual yang lucu-lucu pada saat kamera menangkap wajah. Sehingga foto yang dihasilkan pun akan terlihat lucu dan menggemaskan. Tentunya ini lah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Istagram.

Sehingga menjadi seorang selebgram dapat membantu anda mewujudkan kesuksesan di era digital. Semoga anda akan menemukan profesi yang cocok agar mampu berkembang di masa digital seperti saat ini.

Demikianlah beberapa peluang bisnis di era digital. Segala kemudahan dan informasi yang mendukung dapat mengantarkan anda menuju kesuksesan. Pada era digital seperti saat ini mampu memudahkan seseorang untuk melakukan berbagai bisnis seperti membuka bisnis paket internet Telkomsel. Maka sudahkah anda menentukan bisnis yang anda tekuni di era digital? Kalau belum tentukan sekarang untuk meraih hasil yang maksimal.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *